Walhi Sulteng adakan pelatihan Pembuatan dan pengembangan Forest Locker Map

By : hans ang - LibMagz, 2017-02-08 18:12:39+07

wALHI sULTENG 2.jpgPROGRESS, LibMagz.com- Walhi Sulawesi Tengah gelar pelatihan pembuatan dan pengembangan Forest Locker Map. Pelatihan ini diikuti perwakilan anggota jaringan Walhi Sulteng yang berlangsung selama tiga hari di Kota Palu, serta di buka secara resmi oleh Topan selaku Kepala divisi Kampanye Walhi Sulteng, Selasa (7/2/2017).

Berdasarkan keterangan Kepala Devisi Kampanye Walhi Selteng menjelaskan bahwa, ada beberapa tujuan pelatihan ini yang per pertama: Sebagai media berbagi ide, gagasan dan pengetahuan terkait upaya penyelamatan hutan Indonesia dan rehabilitasi lahan gambut.

kedua: Meningkatkan keterampilan menulis perwakilan masyarakat luas atau komunitas dalam memvisualikan pengetahuan local, fakta-fakta lapangan dan monitoring deforestasi atau soal kerusakan hutan. Ketiga: Menuliskan berbagai pengetahuan lokal (inisiatif local) dalam mengelola hutan dan kontribusinya dalam penurunan emisi di sektor kehutanan

dan keempat: Melibatkan partisipasi aktif komunitas luas sebagai salah satu media komunikasi dan kampanye untuk penyelamatan hutan, Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan jaringan Walhi Sulteng dan di fasilitasi oleh Mira Joely dan Muhammad Irfan dari Eksekutif Nasional (Eknas) Walhi.

wALHI sULTENG 1.jpgDi Kesempatan yang sama Mira Joely menambahkan, Forest Locker merupakan wadah atau website yang interaktif untuk memnjawab issu inisiatif local, kemandirian dalam pengelolaan sumber kehidupan dan kontribusi jawaban atas problem global seperti perubahan iklim.

Selain itu melihat laju proses deforestasi kian massif sehingga keterancaman akan sumber – sumber kehidupan masyarakatpun kian membesar “Maka Pengembangan Website Forest Locker Map (www.pantauhutan.net) ini akan menjadi penting kita kembangkan , tujuanya untuk me-monitoring deforestasi dan best practice dari masyarakat luas, public dan komunitas, dalam menjaga hutan Indonesia khususnya Sulawesi Tengah” ujar Mira Joely menjelaskan.

Dikatakan bahwa forest locker Map pengoperasiannya melibatkan sekitar yang aktif berperan sebagai sumber informasi, serta  pengguna (user) website Forest Locker ini, sehingga diharapkan semua informasi berasal dari hasil lapangan yang di temukan, “Kita harapkan selama proses kurang lebih 3 hari ini, kita bisa belajar bersama dan menggali ide dari masing-masing anggota jaringan Walhi Sulteng” tutupnya.

(AY/*)

 

#Walhi Sulteng #pelatihan Pembuatan #pengembangan Forest #Locker Map #informasi warga #mapping konflik #ide masyarakat #jaringan walhi
3 years ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PERNIK, SOSIAL, INVESTIGASI, SAINS DAN TEKNOLOGI

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :