Uniknya Hari Kasih Sayang Di Korea Selatan

By : coki - LibMagz, 2017-02-10 13:33:38+07

LibMagz.com - Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang sudah tinggal hitungan mundur, tepatnya tanggal 14 Februari yang tinggal beberapa hari lagi. Sudah pasti pasangan kekasih di seluruh dunia akan merayakannya, jones (baca: jomblo ngenes) enggak usah ikutan!. Di negara kita tercinta ini yaitu Indonesia sebenarnya tidak ada budaya Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang namun ada sebagaian remaja di indonesia yang juga ikut merayakannya.

 

judul.jpgchristinberlina.files.wordpress.com

Berbanding terbalik dengan Indonesia, Korea Selatan memiliki beberapa hari kasih sayang yang unik dan yang terpenting ada hari khusus untuk jones mania. Korea Selatan memiliki hari khusus untuk mengekspresikan rasa sayang mereka kepada orang-orang yang mereka cintai. Berikut ini beberapa hari kasih sayang di Korea Selatan, check this out:

 

  1. Hari Valentine
 valentin.jpgholidaysia.com

 

Hari Valentine atau Valentine’s Day jatuh pada tanggal 14 Februari, dimana orang-orang (baik perempuan atau laki-laki) di seluruh dunia merayakannya dengan memberikan hadiah cokelat kepada orang yang terkasih. Termasuk Korea Selatan juga negara yang merayakan hari Valentine. Namun uniknya di Korea Selatan, ketika merayakan hari valentine hanya pihak perempuan saja yang memberikan cokelat kepada kekasihnya. Kenapa perempuan saja yaa? Mungkin emansipasi wanita ya Sobat LibMagz dan selain itu bentuk coklat yang disukai adalah bentuk hati namun berwarna kuning seperti buah jeruk. Hmmm... kenapa harus warna kuning ya?

 

  1. White Day
white day.jpg cuteinkorea.com

 

White Day  merupakan kebalikan dari Valentine’s Day dan jatuh pada setiap tanggal 14 Maret. Sebenarnya White Day merupakan hari perayaan yang diadopsi dari Jepang. Di Korea Selatan jika ketika Valentine’s Day hanya pihak perempuan yang memberikan cokelat kepada kekasihnya, maka di White Day inilah para pria akan membalasnya, dengan memberikan hadiah permen atau cokelat kepada pihak perempuan. Ini dia Sobat LibMagz kenapa pada hari Valentine hanya perempuan yang memberikan coklat ternyata sebulan setelah Valentine’s Day oppa-oppa korea membalas pemberian kekasihnya.


 

  1. Black Day
black day.jpg laceandfogauthoress.wordpress.com

 

Black Day selalu dirayakan pada tanggal 14 April. Pada tanggal tersebut, orang-orang yang masih lajang atau Jones mania yang tidak menerima hadiah apapun pada tanggal 14 februari atau 14 maret dan selalu meratapi kesendiriannya. Jones mania pada hari tersebut akan makan semangkuk mie hitam atau sering disebut juga jjajangmyeon, serta banyak juga dari mereka yang sengaja menyeruput kopi hitam. sebagai lambang duka cita karena mereka masih lajang. Sobat LibMagz mau coba?

 

  1. Rose Day
rose day.png asiapacificarts.usc.edu

 

Rose Day jatuh pada tanggal 14 Mei. Saat Rose Day, tiap pasangan harus memberi satu sama lain sebuket bunga mawar yang mekar. Ini merupakan salah satu trik yang dipromosikan oleh toko bunga dan taman hiburan bermain untuk para pasangan muda. Bunga mawar boleh berwarna apa saja, namun yang paling jadi favorit adalah yang berwarna merah dan merah muda. Wah strategi marketing korea memang luar biasa ya.

 

  1. Kiss Day
 kiss day.jpgImbc.com

 

Kiss Day ini adalah hari yang dirayakan setiap tanggal 14 Juni. Pada hari ini biasanya para pasangan muda-mudi Korea Selatan saling mencium pipi, kening, atau bagian muka yang lainnya. Biasanya para muda-mudi akan pergi kesuatu tempat yang mereka anggap romantis seperti ke taman bunga, taman bermain, atau yang lainnya. Aaaw jadi pengen ikutan hehee

 

  1. Silver Day
 silver day.jpgnadnut.com

 

Saat Silver Day, para pasangan muda bertukar cincin perak yang dikenal sebagai cincin janji. Selain itu, hari yang dirayakan setiap tanggal 14 Juli itu para pasangan memperkenalkan kekasih mereka pada orangtua masing-masing. Biasanya Silver Day ini dirayakan oleh pasangan yang sudah cukup lama menjalin kasih dan sudah cukup matang untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

 

  1. Hugs Day
 hug day.jpgkorea.tlcthai.com

 

Hugs Day atau hari berpelukan ini dirayakan oleh muda-mudi di Korea Selatan setiap tanggal 14 Desember. Pada hari ini para pasangan akan saling berpelukan dan mengucapkan cinta satu sama lain. Namun pada saat ini Hugs Day tidak hanya dirayakan oleh pasangan kekasih, tetapi kita bisa berpelukan dengan setiap orang yang kita sayang seperti orang tua, teman, dll.

 

  1. Pepero Day
 pepero.jpgtofucute.com

 

Pepero Day merupakan hari kasih sayang yang selalu dirayakan pada tanggal 11 november. Pada tanggal tersebut, para muda-mudi pasangan Korea Selatan selalu berbagi dan makan pepero bersama. Sebenarnya, pepero merupakan snack yang diproduksi oleh Lotte sejak tahun 1983. Awal mulanya adalah untuk strategi marketing yang digunakan untuk mempromosikan pepero. Melihat populernya pepero sekarang, Lotte pun memutuskan tanggal 11 november dijadikan sebagai hari libur untuk merayakan pepero. Kenapa memlilih tanggal 11/11? Karena, pada tanggal tersebut mirip sekali dengan empat batang pepero yang dijajarkan. Selain itu, pepero juga dijadikan sebuah permainan yaitu pepero game, untuk Sobat LibMagz yang k-pop fans pasti tau gregetnya pepero game.

 

 

Nah, sekarang bertambah lagi pengetahuan Sobat LibMagz tentang Korea Selatan. 8 perayaan hari kasih sayang di atas ada beberapa yang tidak cocok yaa untuk di terapkan di Indonesia, jadi tetap cerdas menyaring kebudayaan luar di era teknologi informasi ini.

 

Semoga bermanfaat. ^_^

 

Sumber:

  • pengenliburan.com
  • facebook.com/Koreatourismorganizationindonesiaoffice/

 

(ck/libz)

#Valentine #Hari Kasih Sayang #Hari Kasih Sayang Di Korea #White Day #Black Day #Rose Day #Kiss Day #Silver Day #Hugs Day #Pepero Day
3 years ago, by coki
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PERNIK

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :