UMKM Center Tanjabbar, Memproduksi dan Menjual Kerupuk Olahan Laut Asli

By : hans ang - LibMagz, 2017-09-24 12:32:15+00

IMG_5115.JPG

TANJABBAR, LibMagz.com- Koperasi Pasir Pantai Putih dan UMKM Center Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu koperasi dengan berbagai sektor usaha, berbagai macam produk unggulan seperti sandang dan pangan di produksi dan dipasarkan oleh Koperasi dan UMKM center, Minggu (24/9/2017).

Salah satunya ialah kerupuk olahan dari hasil laut seperti kerupuk Ikan dan Udang, Koperasi dan UMKM center ini kini membina belasan kelompok usaha kecil seperti Poklahsar (red-kelompok pengelola dan pemasar), berdasarkan penjelasan Ambo Wellang selaku Ketua Koperasi Pasir Pantai Putih, bahwa pokhlasar sendiri merupakan istilah dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Tanjabbar serta memberikan rekomendasi untuk bergabung bersama koperasi.

Kerupuk olahan khas Tanjabbar sangat jauh berbeda dengan kerupuk olahan yang ada di daerah lain, terutama dari pengolahan yang masih tradisional, bahan baku seperti ikan dan udang asli hasil tangkapan nelayan tanjabbar.

Saat di temui Ketua UKM ataupun Poklahsar yang berada di Kampung Nelayan Kec. Tungkal Ilir, diantaranya Maria Hanaria (40), Hamsiah (42), Sima (45) dan Ernawari (45), merupakan kelompok anggota pengolah kerupuk ikan dan udang dari Koperasi Pasir Pantai Putih dan UMKM Center, mempraktekan serta menceritakan bagaimana kelompok pengolah ini memperoleh pengetahuan dan memproduksi kerupuk olahan hasil laut.

IMG_5214.JPG

Umumnya mereka mempelajari pengolahan kerupuk olahan Ikan dan Udang, didapat dari orang tua terdahulu. Secara turun temurun serta melakukan sedikit perubahan proses pembuatan tetapi tidak sedikitpun menghilangkan ciri khas asli kerupuk olahan Tanjabbar, yaitu cendrung tanpa pengawet dan bahan baku Ikan dan Udangnya lebih banyak, maka tidak heran mengapa kerupuk olahan tanjabbar sangat terasa Ikan dan Udangnya.

“karena ketika kita mengadon kerupuk ikan dan udang, ikan dan udang yang mengikuti tepung bukan tepung yang mengikuti Ikan dan udang” ujar Sima (45) menjelaskan proses pembuatan, Sabtu (23/9/2017)

IMG_5224.JPG

Harga kerupuk udang dan ikan ini pun bervariatif, tergantung dari Jenis Ikan dan Udang yang di olah menjadi kerupuk, milai dari harga Rp. 50.000 per Kilo gram hingga Rp. 70.000 Per Kilo gram. Mengkonsumsi kerupuk olahan ikan dan udang tanpa pengawet serta tanpa manupulasi bahan baku, tentu produk akan menjadi lebih enak dan kaya akan kandungan nilai gizi.

“setiap satu minggu sekali mengadon 15 kilo gram dan hasilnya 15 kilo gram kerupuk” ujar Mari Hanaria, Minggu (24/9/2017)

Setiap kelompok berharap agar memperoleh ruang dan fasilitas pemasaran dan permodalan yang memadai, terutama untuk melakukan pengembangan usaha produk wilayah pemasaran baik lokal, nasional dan multi nasional.

IMG_4967.JPG

IMG_5043.JPG

IMG_5174.JPG

(Edi/*)

 

#Kerupukikan #kerupukudang #olahanlaut #tungkal #tanjabbar #kampungnelayan #pemasarankerupuk #kerupukasli #umkmcenter
3 months ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PERNIK, SOSIAL, EKONOMI, KESEHATAN, KULINER, JURNAL, WISATA

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :