UMKM Center OLT, menjual sirup pedada yang kaya akan manfaat

By : hans ang - LibMagz, 2017-09-26 12:13:40+00

IMG_5265.JPG


TANJABBAR, LibMagz.com-
Bukan menjadi rahasia umum lagi jika Indonesia merupakan Negara yang kaya akan berbagai macam produk makanan dan minuman tradisional, bahkan diolah kembali menjadi produk makanan dan minuman modern, salah satunya ialah minuman tradisional seperti teh, kopi dan berbagai jenis minuman segar dari berbagai buah-buahan, tetapi tidak semua masyarakat mengetahui bahwa ada jenis minuman dari buah hutan mangrove yang kaya akan gizi, Selasa (26/9/2017).

Buah yang tumbuh dari perairan payau ini, merupakan jenis buah yang bisa diolah menjadi sirup dengan berbagai kandungan vitamin, buah tersebuat ialah buah Pedada yang memiliki nama Ilmiah Sonneratia caseolaris, buah ini tumbuh di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dimanfaatkan menjadi minuman sirup yang sehat.

Buah pedada berbentuk bulat dengan rata-rata diameter 6,05 cm dan berat 52, 15 gram. Rendemen yang tertinggi pada buah pedada ialah 73 persen, kulit 51 persen dan kelopak 12 persen. Seperti kadar air, kadar abu, kadar lemak, dan kadar protein pada buah pedada akan menurun setelah di olah menjadi sirup, sementara kadar karbohidrat buah pedada meningkat setelah diolah menjadi sirup.

Setelah menjadi sirup buah pedada, maka sirup ini memiliki berbagai macam kandungan vitamin yang baik bagi tubuh, seperti vitamin B1, B2 serta vitamin C, terlebih sirup buah pedada yang diolah di tanjabbar dilakukan secara tradisional dan alami. Berdasarkan keterangan pengolah sirup buah pedada yang merupakan anggota Koperasi Pantai Pasir Putih dan UMKM Center Tanjabbar, memaparkan bahwa sirup pedada ini sudah menjadi tradisi konsumsi keluarga, semenjak 20 tahun lamanya yang dahulunya hanya menjadi konsumsi sendiri dan kini sudah mulai di produksi untuk dijual dalam skala lokal dan daerah.


IMG_5254.JPG

Kesulitan pengelolah sirup pedada terutama kelompok Al-Ahmar (55) menegaskan, ada pada persediaan kemasan seperti botol dan pemasaran, padahal sirup pedada merupakan salah satu produk minuman lokal yang patut di produksi dan di pasarkan secara benar, guna memperkenalkan kekayaan produk lokal tanjabbar. Bagi anda yang ingin merasakan nikmat dan manfaat sirup pedada, dapat segera menghubungi via WA di Nomor 085320930589 atau 085266145686, dapat juga segera mendatangi Koperasi Pasir Pantai Putih dan UMKM center Tanjabbar, buka setiap jam kerja mulai dari Jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

(Ali/*)

 

 

#buahpedada #siruppedada #umkmcenter #kualatungkal #tanjabbarminuman #minumanlokal #siruplokal #gizipedada #manfaatpedada
3 months ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PERNIK, EKONOMI, KESEHATAN, KULINER

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :