Ternyata ketika Dewasa, Neuron pada otak terus tumbuh

By : hans ang - LibMagz, 2016-12-29 12:17:30+07

Baru lagi.jpgSCIENTECHDAILY. LibMagz.com- Anda pasti pernah mendengar dari selentingan cerita yang berkembang di kalangan masyarakat, tentang ingatan seseorang ketika bertambah umur (red-tumbuh dewasa hingga tua) akan memiliki kapasitas ingatan yang menurun, bahkan cerita ataupun fenomena yang mempercayai bahwa ketika tua setiap orang akan memiliki ingatan menurun juga berkembang di kalangan dunia kesehatan.

Secara sederhana, para sarjana kesehetan seperti dokter tidaklah mempelajari khusus mengenai ingatan ataupun neurology pada otak manusia, sehingga wajar ketika keyakinan bahwa umur bertambah maka ingatan akan berkurang seiring berkurangnya jumlah neuron pada otak manusia.

Mungkin ada benarnya bahwa bertambah umur maka jumlah sel saraf akan berkurang, tetapi yang lebih masuk akal mengapa jumlah sel saraf seolah berkurang tentu karena kita sebagai manusia tidak selalu menggunakannya untuk mengingat sesuatu, dan yang lebih sering terjadi ialah praktek (red-yang dilakukan Onkologis) penyembuhan kanker pada seseorang pasien, dengan memberikan obat yang menghentikan sel kanker tetapi juga menghentikan pembentukan neuron baru pada otak manusia, ya sebenarnya otak manusia menghasilkan neuron baru sekalipun usia sudah dewasa.

Neuron baru 1.jpgInformasi ini disampaikan oleh seorang Ilmuan Neurologi Dr. Sandrine Thuret, PhD dari King’s College London, Inggris. Mengutip dari penjabarannya di Ted.com, Rabu (28/12/2016), ia menjelaskan bahwa otak manusia ketika dewasapun akan mengalami fenomena neurogenesis yang artinya akan mengalami pertumbuhan neuron baru.

Pembahasan neurogenesis ini menjadi penting karena tidak hanya berkaitan dengan ingatan manusia, tetapi juga pada suasana hati, emosi dan stress, Dr. Sandrine Thuret, PhD menjelaskan bahwa yang berperan menumbuhkan neuron baru pada otak ialah Hippocampus yang menurutnya merupakan struktur yang abu-abu.

Sandrine Thuret juga menceritakan bahwa seorang teman dan Ilmuan dari Institute Karolinska, Jonas Frisen menjelaskan bahwa manusia menghasilkan 700 neuron baru perhari didalam Hippocampus, dan fenomena neurogenesis (red-tumbunya neuron baru) akan terus terjadi ketika kita mencapai umur 50 tahun, maka setiap neuron yang kita miliki ketika dilahirkan berubah dengan neuron yang dihasilkan saat dewasa.

Dari pencaharianya, Dr. Sandrine Thuret, PhD bersama tim telah memiliki cukup bukti terutama untuk neurogenesis sebagai target utama, tentu untuk meningkatkan pembentukan ingatan, mengendalikan stres ataupun suasana hati, serta mampu mencegah kemunduran kapasitas dan kualitas otak yang berhubungan dengan bertambahnya usia.

Bagaimana para pembaca LibMagz.com, apakah masih percaya bahwa umur tua maka ingatan akan menurun seiring berkurangnya sel saraf pada otak, sementara neuron baru terus bertumbuh.

sandrine-thuret-001.jpg
(Berbagai Sumber)
(RD/7^)

#Neuron pada otak terus tumbuh #Neurologi Dr Sandrine Thuret PhD #manusia menghasilkan 700 neuron baru perhari #Hippocampus menghasilkan neuron baru #fenomena neurogenesis
3 years ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PENDIDIKAN, KESEHATAN, JURNAL, SAINS DAN TEKNOLOGI

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :