Red Star, OS asli buatan Korea Utara

By : hans ang - LibMagz, 2016-12-20 16:21:45+07

dari telegraph.co.uk Kim Jong Un.jpgPROGRESS, LibMagz.com- Perkembangan peradaban manusia dari zaman Milenium hingga ke zaman Platinum dengan banyaknya Ekspresi hingga Eksplorasi menciptakan berbagai keadaan yang tidak mudah dipahami oleh sebagian orang, salah satunya ialah perkembangan peradaban manusia atas kebutuhannya terhadap Teknologi, Informasi dan Komunikasi.

Maka tidak heran setiap Negara yang berada di kolong bumi ini terus membuat trobasan-trobosan demi menjalankan kehidupan layak. Kali ini redaksi LibMagz.com akan mengajak pembaca melihat salah satu Negara yang terkesan terisolasi dan tertutup, dan mampu membangun kebutuhan OS (Operation System) komponen pengolah peranti lunak.

Negara yang dimaksud oleh Redaksi ialah Korea Utara, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un dan enggan bergantung kepada negara lain ini banyak mengembangkan berbagai produk teknologi secara mandiri.

Yaitu OS yang diberinama Red Star ini merupakan produk asli dari Korea Utara yang selama ini diketahui oleh dunia luar sebagai sistem operasi komputer, saat ini sistem operasi ini telah masuk pada versi 3.0 dan terus dikembangkan oleh lembaga Koera Komputer Center di Ibu kota Pyongyang, pembuatan OS ini berbasis Linux yang bisa dimodifikasi dengan bebas.

Dari businessinsider.com OS Red Star by Will Scott new.jpgSebagaimana di kutip dari Business Insider, Will Scott selaku mantan Karyawan Google disebut-sebut pernah megunjungi dan mengajar di Universitas Pyongyang, tentunya OS ini tidak dijual keluar Korea Utara. Sebelum kembali ke Amerika Serikat Will Scott membeli Salinan Red Star 3.0 lalu mengunggahnya kedalam dunia maya.

Berdasarkan informasi dari laman Engadget sistem operasi ini oleh pemerintah Korea Utara diberlakukan keamanan tingkat tinggi, seperti pemberian watermark pada file yang ada di flash drive, tujuannya tentulah untuk melacak kemungkinan file dan flash drive digunakan untuk kepentingan yang mengancam.

OS ini berpenampilan dengan desain yang sangat mirip dengan OS buatan Apple, Mac OS X, Informasi lain memaparkan bahwa Kim Jong Un menggunakan komputer iMac karena menyukai desain tersebut, dan ia meminta agar nantinya Red Star versi terbaru desainnya harus mirip dengan OS buatan Apple tersebut. Sumber lain menjelaskan pada versi sebelumnya OS tersebut disebut memiliki kemiripan tampilan seperti OS buatan Microsoft, Windows XP.

OS buatan asli Korea Utara ini juga dikebali dengan teknologi asli Korea Utara hingga pengembangan teknologi enkripsinya dikembangkan secara khusus, jika diperhatikan dari berbagai sumber OS ini termasuk paling aman, usaha ini berkemungkinan demi menjaga wilayah dari negara lain.

Sumber:
Kompas.com
Liputan 6
Business Insider
engadget.com

(Ali Cohen/7*)

 

#Will Scott tampilkan OS Red Star #Negara terisolasi bangun OS sendiri #Korea Utara dan Teknologi #kemandirian teknologi berdikari #membangun OS Red Star #OS yang paling aman
3 years ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PERNIK, INVESTIGASI, SAINS DAN TEKNOLOGI

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :