Reaksi Tubuh Saat Patah Hati

By : dhe27 - LibMagz, 2017-05-22 23:23:06+07

sakit hati.jpgSahabat Libmagz pernahkah Kamu bertanya-tanya bagaimana reaksi tubuh kita saat mengalami patah hati …..?? Patah hati, hati hancur, tertusuk, hati yang terluka. Itu adalah sedikit dari istilah yang sering kita gunakan untuk menggambarkan perasaan sakit yang kita rasakan ketika seseorang melakukan sesuatu pada kita dan rasanya sangat menyakitkan.

Patah hati karena putus cinta atau cinta ditolak bukan sekadar kiasan. Nyatanya, seseorang bisa merasakan sakit secara fisik karena masalah cinta.

Putus cinta memang berat untuk dihadapi, terutama jika Anda di pihak yang diputuskan. Patah hati umumnya ditandai dengan rasa sakit pada jantung. Seolah-olah seperti ada beban berat yang menekan dada hingga ke jantung.

Ternyata sensasi yang Anda rasakan akibat patah hati ini ada alasannya dan tidak selalu berhubungan dengan kondisi mental. Tapi ada hormon dalam tubuh yang berperan menimbulkan rasa sakit tersebut. Inilah reaksi tubuh kita saat mengalami patah hati.

1. Rambut yang rontok.

Jika kamu merasakan patah hati yang begitu dalam maka pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Hal tersebut disebut sebagai fase telogen effluvium, di mana rambut berhenti tumbuh atau mulai rontok.

2. Sakit di sekujur tubuh.

Menurut dunia medis, Dr Ronald McCoyRoyal Australian College of General Practitioners, menjelaskan kalau tubuh kita jelas bereaksi negatif saat putus. Kalau kita melihat scan otak seseorang yang baru saja putus, hal ini akan berhubungan dengan apa yang dirasakan orang itu di bagian lain tubuhnya. Rasa sakit ini timbul karena reaksi stress pada tubuh kita. Rasa sakit ini merupakan fenomena perasaan yang ternyata bisa terhubung dengan fisik seseorang.

3. Anti sosial.

Saat kita putus, kita akan berubah menjadi anti sosial. Studi mengungkapkan bahwa anti sosial ini terjadi karena trauma dan khawatir saat kita melihat mantan dekat dengan seseorang. Sulitnya move on juga dipicu oleh masalah ini, salah satunya karena tekanan sosial media. Minta dukungan sahabat dan orangtua agar kita merasa kuat.

4. Menangis.

Secara teknis, tubuh akan mengeluarkan air mata karena emosi yang kita rasakan. Air mata ini dirasakan karena otak menerima sinyal berduka. Berduka karena kehilangan seseorang sehingga tubuh bereaksi dengan mengeluarkan air mata. Menangis adalah salah satu cara tubuh melepaskan hormon setres. Makanya kita merasa lebih baik setelah menangis.

5. Sakit perut.

Studi mengungkapkan bahwa saat kita merasa kehilangan seseorang, tubuh kita mengalami rasa sakit pada bagian tertentu salah satunya perut. Hal ini terjadi karena stress hormon kita sedang melepaskan diri, seperti adrenalin atau hormon endorphin. Kalau kita merasakan ini wajar dan enggak menyerang kita terus menerus.

6. Masalah kulit.

Masalah kulit saat putus diakibatkan kelebihan hormon pada tubuh kita. Karena perubahan hormon, kulit kita mengalami masalah dan hal ini sangat normal terjadi. Kulit kita bisa lebih berminyak atau terlalu kering dan berjerawat.

Nah sahabat libmagz, itulah beberapa reaksi tubuh yang timbul karena patah hati. Karena akibat yang cukup beragam dan bisa cukup berbahaya jika tak segera ditangani, patah hati sebaiknya segera di atasi agar tidak menyiksa batin dan fisik.

#Patah hati #Penyakit hati #hati #cinta #putus cinta #akibat putus cinta
3 years ago, by dhe27
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, SOSIAL, KESEHATAN

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :