Penembakan Terjadi, BEM PT Univ. Sains dan Teknologi Jayapura nyatakan Sikap

By : hans ang - LibMagz, 2017-08-17 10:51:34+00

pernyataan sikap BEM USTJ aksi lilin.jpg

JAYAPURA, LibMagz.com- Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Universitas Sains dan Teknologi Jayapura lakukan aksi bakar lilin, aksi ini menuntut tegas penembakan dikampung Oneibo disktrik Tigi selatan, aksi berlangsung di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, Aksi ini serentak dengan dikeluarkannya pernyataan sikap dari keluarga besar BEM Perguruan Tinggi Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, berikut pernyataan sikapnya, rabu (16/8/2017).

 

PERNYATAAN SIKAP

 

TNI/POLRI BUKANLAH PENGAYOM RAKYAT MELAINKAN PELINDUNG KAUM PENJAHAT BERMODAL.

KASUS PELANGGARAN HAM YANG DILAKUKAN OLEH TNI, POLRI SEJAK TAHUN 1962 SAMPAI DENGAN SAAT INI BELUM PERNAH TERUNGKAP SIAPA SEBENARNYA PELAKU DARI SETIAP KASUS PEMBUNUHAN.

APAPUN ALASANNYA, MENYERANG WARGA SIPIL DENGAN MENGGUNAKAN ALAT NEGARA SUDAH TENTU MERUPAKAN PELANGGARAN TERHADAP HAK ASASI MANUSIA (HAM).

TANPA DIBERI KEWENANGAN OLEH NEGARA ATAUPUN JIKA NEGARA TIDAK DALAM KEADAAN DARURAT, SEORANG ANGGOTA TNI/POLRI TIDAK BERHAK MENGGUNAKAN PERALATAN PERANG YANG DIPERCAYAKAN OLEH NEGARA UNTUK MENYERANG WARGA MASYARAKAT SIPIL. PENYALAHGUNAAN KEWENANGAN INI MESTI DIPANDANG SEBAGAI PENGKHIATAN TERHADAP NEGARA.

DENGAN KEKERASAN BERSENJATA DAN SECARA KHUSUS ATAS KASUS PENEMBAKAN MASYARAKAT SIPIL DI ONIEBO KABUPATEN DEIYAL, KAMI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS SAINS DAN TEKNOLOGI MENYATAKAN SIKAP:

  1. MENGUTUK DENGAN TEGAS, Pelaku penembakan secara khusus, insiden penembakan di kampung ONEIBO distrik Tigi Selatan Kabupaten Deiyai, dan secara umum di Papua
  2. Meminta dengan hormat kepada semua lembaga penegak hukum, agar segera menangkap, menahan dan memproses para pelaku penembakan secara terbuka sesuai dengan hukum yang berlaku
  3. Kapolri segera memecat Irjenpol Boy Rafly Ahmad dari jabatannya sebagai Kapolda Papua
  4. Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Deiyai segera mencabut izin usaha PT. Putra Dewa dari Wilayah Meepago
  5. Segera mencabut Satuan Brigade Mobil (Brimob) dari wilayah Kabupaten Deiyai

Demikian pernyataan sikap kami, semoga Hak asasi dan martabat manusia ditanah papua, dihormati dan dihargai selayaknya.

 

Port Numbay, 16 Agustus 2017

 

Pernyataan sikap ini disahkan oleh Keluarga Besar BEM Perguruan Tinggi Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, diantaranya adalah Gubernur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Yan Elopere, Gubernur Fakultas Teknologi Industri dan Kebumian Yakobus Tekege, Gubernur Fakultas Ekonomi Sosial Sastra dan Ilmu Politik Lives Mabel, Gubernur Fakultas Ilmu Komputer Manajemen Arfandi, Gubernur Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Alfa Tampi, Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Katolik USTJ Alexander Gobay, Ketua Umum Persekutuan Mahasiswa Kristen USTJ Invarida Embise, Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Muslim USTJ Irfan dan Presiden BEM PT Univ. Sains dan Teknologi Jayapura Malven Yobe.


pernyataan sikap BEM USTJ.jpg

pernyataan sikap BEM USTJ sign.jpg

 (Musa/*)

#BEMJayapura #Mengutukpenembakan #PTUnivsainsdanteknologi #aksibakarlilin #aksidanpernyataansikap #penembakanoneibo
4 months ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, SOSIAL, PENDIDIKAN, INVESTIGASI, SAINS DAN TEKNOLOGI

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :