Panda Tertua di Dunia ini Merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-37

By : ayp - LibMagz, 2017-01-18 19:27:14+07
basi.jpg
via : CGTN

LibMagz.com, Dilansir dari media CGTN (China GLobal TV Network) Panda bernama Basi ini adalah panda yang paling tua di dunia, ia merayakan hari ulang tahunnya yang ke 37-nya yang jatuh pada hari ini (Rabu, 18 Februari 2017) di pusat pertukaran dan penelitian panda di Fuzhou, tenggara propinsi Fujian - China.

basi2.jpgvia : CGTN

Chen Yucun, Direktur penelitian dan pertukaran pusat panda mengatakan, Basi lahir pada tanggal 18 Januari 1980, jika di samakan dengan ukuran manusia panda bernama Basi ini akan lebih dari 100 tahun ukuran manusia. Basi adalah prototipe dari "Panpa" panda, yang menjabat sebagai maskot untuk Asian Games Beijing pada tahun 1990.

Kalo di lihat dari tahun kelahirannya, Panda Basi ini jauh lebih senior ternyata dibandingkan dengan para kontributor LibMagz disini sob.

Asian Games yang ke-11 atau yang biasa dikenal dengan XI Asian merupakan Asian Games pertama kali yang terselenggara di Cina pada tanggal 22 September 1990 hingga 7 Oktober 1990 yang berlokasi di Beijing.

basi3.jpgvia : CGTN

Basi merupakan jenis panda yang asli penghuni dari daerah Tiongkok Selatan, biasa di sebut Giant Panda (panda raksasa). Ciri-ciri mudahnya ialah memiliki lingkar hitam pada mata, di atas telinga, dan juga yang melingkari badan nya. Penamaan Panda Raksasa ini biasanya digunakan untuk membedakan jenis panda merah.

Meskipun hewan karnivora, namun lebih dari 99% makanan dari jenis panda ini adalah bambu. Di alam liar panda ini sering juga ditemukan memakan rumput, umbi liar, bahkan daging dalam bentuk burung, tikus, ataupun bangkai lainnya.

Didalam penangkaran panda ini biasanya dapat menerima makanan madu, telur, ikan, ubi jalar, daun semak, jeruk, atau pisang bersamaan dengan makanan khusus yang telah disediakan.

Panda raksasa ini juga merukana jenis yang terancam punah loh sob, laporan pada tahun 2007 menyebutkan ada sekitar 237 ekor panda yang hidup di penangkaran di Negara asalnya cina, dan 21 ekor lainnya berada di negara lain.

Meskipun terlihat lucu dan menggemaskan, tapi jangan coba-coba berniat untuk dijadikan binatang peliharaan ya sob.

#panda #panda tertua di dunia #37 #ulang tahun #basi #panda raksasa #giant panda #panda merah #china #chen yucun
3 years ago, by ayp
Category : BERITA PILIHAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, WISATA

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :