Orang Cerdas Cendrung Menyukai Kesendirian

By : dhe27 - LibMagz, 2016-12-18 19:52:39+07

IQ.jpgSahabat Libmagz ketika seseorang atau karakter yang sangat cerdas, tapi terisolasi, kesulitan untuk membangun hubungan dengan teman-teman di lingkungannya, bahkan saudara dan siapapun. Sejumlah peneliti membuktikan bahwa orang cerdas merasa kesusahan dalam berinteraksi social dan hanya basabasi bersama orang disekitarnya.

Sejumlah psikolog evolusioner dari Singapura dan London menemukan bahwa orang-orang pintar merasa kesulitan dalam berinteraksi sosial, bahkan dengan teman-teman dekatnya.

Berdasarkan studi yang melibatkan sampel 15 ribu orang, dalam rentang usia 18-28 tahun, peneliti menemukan bahwa semakin banyak interaksi responden dengan teman-teman dekatnya, maka semakin bahagia rasanya. Tetapi, ada pengecualian besar, yaitu orang-orang yang cerdas atau memiliki IQ tinggi, korelasinya justru berlaku terbalik.

Orang-orang yang mempunyai IQ berada diatas rata-rata malah merasa tertekan ketika ia berkumpul dan bersosialisasi dengan orang-orang disekitar. Orang-orang cerdas juga mengatakan mereka kesusahan dalam bersosialisasi dan berbincang dengan teman-temannya.

Satosi Kanazawa Di London School Pf Economics And Political Science dan Norman Li di Singapura Management University mengatakan bila orang-orang berIQ rata-rata atau rendah nyatanya bahagia ketika ia berjumpa dan bersosialisasi pada orang banyak.Sementara orang-orang berIQ di atas rata-rata ternyata lebih suka menyendiri dan tidak tertarik untuk bersososialisasi bersama banyak orang. Terlebih, bila sosialisasi ini tak membuatnya diuntungkan.

Meski cenderung suka menyendiri dan nggak suka bersosialisasi, bukan berarti orang-orang ini tidak akan menemukan kesuksesan dan bukan seorang yang special. Tahun 2013, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Richard Depue dari Cornell University menunjukkan bahwa mereka yang suka menyendiri justru lebih mudah mencapai kesuksesan. Hal ini terjadi karena mereka bisa fokus dengan dirinya dan dengan apa yang ia ingin capai secara lebih baik. Mereka yang suka menyendiri ini juga merupakan seorang yang cerdas dan memiliki banyak ide cemerlang.

Mereka yang suka menyendiri juga berpikir lebih matang dan tidak ceroboh apalagi mudah terpengaruh orang lain.

Baca Juga :

#Orang Cerdas #Menyukai Kesendirian #Kesendirian #Orang Cerdas Cendrung Menyukai Kesendirian
3 years ago, by dhe27
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, KESEHATAN

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :