Mengkonsumsi Apel Setiap Hari Mencegah Penyakit Kanker dan ASMA

By : mizukeroro - LibMagz, 2017-01-24 09:07:20+07
Pink_lady_and_cross_section.jpg(Picture Courtesy: https://en.wikipedia.org/wiki/Apple)

 

Buah Apel merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan gizi dan vitamin sobat Libmagz, buah apel memiliki rasa yang lezat dan banyak manfaat bagi kesehatan untuk tubuh kita. Tapi taukah sobat LibMagz kandungan gizi dan khasiat dari buah apel itu sendiri?? kali ini Libmagz mau berbagi info tentang apel dalam tema kali ini "Mengkonsumsi Apel Setiap Hari Mencegah Penyakit Kanker dan ASMA".

 


Buah Apel merupakan buah yang kaya akan serat, mengandung 4 gram serat dari sekitar 17% dari jumlah serat yang dibutuhkan perhari. Buah Apel juga kaya akan senyawa antioksidan yang berbeda dari tanaman tanaman lainnya diantaranya memiliki Quercetin (Salah satu dari senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan alami yang terdapat dalam buah apel, Sebuah nutrisi yang ditemukan dibeberapa makanan nabati, yang telah terbukti memiliki khasiat anti-inflamasi, anti-virus, anti-kanker dan anti-depresan), Catechin (Sebuah antioksidan alami, yang juga ditemukan dalam teh hijau. Kandungan ini menunjukkan meningkatkan otak dan fungsi otot) dan Asam Klorogenat (Asam ini telah terbukti membantu mengurangi gula darah dan penurunan berat badan). Menurut USDA (United States Department of Agriculture) dalam 100gr apel memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut :

tabel.png(informasi dari : https://ndb.nal.usda.gov/ndb/foods/show/2122?manu=&fgcd=&ds=)
586624-apple-garden.jpg(Picture Courtesy: http://www.borongaja.com/586624-apple-garden.html)

Dari berbagai macam kandungan nutrisi buah apel tersebut sobat Libmagz, buah apel memiliki manfaat untuk tubuh kita sebagai:

  • Meningkatkan daya penglihatan
  • Mencegah Penyakit mulut
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi
  • Membantu mengurangi berat badan
  • Mencegah Kanker
  • mencegah penyakit pernafasan (ASMA)
  • Menurunkan kadar Kolesterol
  • Membantu proses pencernaan

586628-apple-tree-in-garden.jpg(Picture Courtesy: http://www.borongaja.com/586613-apple-garden.html)

"Studi menunjukkan bahwa apel memiliki beberapa sifat luar biasa yang dapat memberikan perlindungan terhadap asma. Satu studi menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi apel mungkin Mampu melindungi Ulasan anak mereka dari mengembangkan asma. Studi lain menemukan bahwa dengan meminum jus apel setiap hari pada anak-anak bisa mengurangi kesempatan mereka menderita asma sebesar 50%. Ulasan ini efek menguntungkan dari apel dapat dikaitkan dengan Ulasan konsentrasi tinggi bioflavonoid, seperti quercetin. Quercetin diketahui memiliki kuat anti-histamin, antioksidan, dan sifat anti-inflamasi. Ketika membeli apel, pastikan untuk membeli buah organik tumbuh: bersama-sama dengan Persik, apel konvensional tumbuh atas daftar buah-buahan yang Mengandung tingkat tertinggi pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya."

(Sumber: http://healwithfood.org/asthma/anti-foods-list.php#ixzz4Wdd8p9Y2)

"Menurut Wildman (2001) bahwa kurang lebih 45% dari total senyawa fenol apel adalah flavonoid. Senyawa flavonoid merupakan antioksidan alami yang terdapat dalam buah apel. Oleh karena itu, dengan meningkatnya konsentrasi fenol maka kandungan flavonoid akan semakin tinggi sehingga aktivitas antioksidan semakin meningkat. Flavonoid  merupakan salah satu dari kelompok senyawa fenolik yang dapat ditemukan di buah dan sayur dan merupakan bagian dari fitokimia. Kulit apel mengandung total senyawa fenol yang lebih kaya daripada daging buahnya (Chinnici, 2004). Kelompok senyawa fenol yang paling penting adalah flavonoid (Shills, 2006).

Flavonoid telah diteliti memiliki berbagai aktivitas biologis dan berperan sebagai anti kanker, anti viral, anti inflamasi, mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler dan penangkapan radikal bebas (Haryanto, 2004). Menurut Gordon (1990) dalam Firmansyah dan Adawiyah (2003), fenol sebenarnya inaktif sebagai antioksidan, namun bila terdapat atom-atom hidrogen yang tersubstitusi pada grup alkilnya (posisi orto dan para) maka dapat aktif sebagai antioksidan."

(Sumber: http://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/09/apel-malus-sylvestris-mill/)

Jadi sobat LibMagz memang apel sudah terbukti dapat mencegah penyakit pernafasan ASMA dan dapat juga mencegah kanker loh sobat. jadi biasakan kita untuk hidup sehat dan mengkonsumsi buah-buahan agar kita terjaga dari segala macam penyakit.

#apple #apel #asma #kanker #penyakit #kesehatan #buah buaha #nutrisi #usda
3 years ago, by mizukeroro
Category : BERITA PILIHAN, KESEHATAN

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :