Lapar Bisa Membuat Orang Menjadi Mudah Marah. Yuk Kita Intip Kenapa Hal Itu Bisa Terjadi!!

By : dhe27 - LibMagz, 2016-12-16 19:07:35+07

marah karena lapar.jpgSahabat Libmagz pati pernah lagi ngobrol ataupun lagi ngumpul sama teman, awalnya temen anda di ajak ngobrol itu enak ngobrolin ini itu, tapi dengan tiba-tiba teman kalian berubah jadi rese gak karuan? Nah itu disebankan oleh rasa lapar biasanya diawali dengan suara keroncongan di dalam perut, berlanjut dengan lemas dan kelelahan. Beberapa orang yang sedang lapar juga menderita sakit kepala, penglihatan kabur, kebingungan dan pusing. Selanjutnya, kelaparan akan membuat orang benar-benar bertemperamen buruk, mudah marah dan rewel banget.

Kemarahan itu adalah keadaan emosional yang disebabkan oleh keluhan atau penderitaan. Lalu kenapa rasa lapar bisa bikin kita gampang marah? Dilansir dari LIVESTRONG, orang yang lagi dalam keadan lapar cendrung gampang marah karena kadar gula dalam tubuhnya yang begitu rendah juga dapat menyebabkan seseorang itu sangat mudah tersinggung. Akibatnya pasokan glukosa ke otak berkurang.

jasuke - Copy.jpgBila tingkat serotonin dalam tubuh rendah, juga dapat membuat orang mudah tersinggung dan marah. Serotonin adalah hormon yang berfungsi mengontrol suasana hati, nafsu makan dan tidur, juga merupakan hormon yang membuat orang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negatif.

 Serotonin disintesis dalam tubuh dengan bantuan asam amino yang disebut triptofan. Triptofan tidak terbentuk di dalam tubuh dan harus dipasok oleh makanan. Dengan demikian, menambahkan menu harian dengan makanan kaya asam amino esensial menjadi sangat penting.

Banyak ahli gizi di seluruh dunia juga merekomendasikan mengatasi amarah dengan makanan yang mengandung glukosa atau makanan peningkat suasana hati untuk mencegah rasa lapar. Diet yang kaya protein, lemak dan serat akan membantu mencegah kelaparan.

Nih Sahabat Libmagz ada tifs untuk makanan yang dapat meredakan amarah.

1. Kacang Almon

Kacang Almond sangat berrguna untuk meredakan amarah karena banyak mengandung asam amino triptofan. Kacang ini hadir dalam daftar makanan yang memiliki tingkat tertinggi asam amino. Ketika makan almond, triptofan masuk ke otak dengan cepat dan tingkat serotonin meningkat, sehingga bisa menjauhkan amarah

2. Jus Jeruk Manis

Jus Jeruk Manis juga bisa menjadi peredam amarah. Campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-batas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya, sehingga berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya

3. Pisang

Pisang merupakan buah-buahan yang mengandung sumber triptofan yang sangat baik dan membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Sarapan pisang dapat mencegah Anda mengalami rasa lapar dan kelesuan sebelum makan siang. Selain itu, pisang juga kaya karbohidrat yang diperlukan untuk penyerapan triptofan.

#Kesehatan #Akubai lapar #pemarah #Meredam emosi #cara meredam amarah #cara meredam emosi
3 years ago, by dhe27
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, KESEHATAN

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :