Ketakutan Anak Muda Terhadap Pernikahan

By : coki - LibMagz, 2017-01-24 18:16:07+07

Ketakutan Anak Muda Terhadap Pernikahan copy.jpg

LibMagz.com - Pernikahan bagi sebagian anak muda sekarang ini merupakan hal yang kompleks. Sebagian ingin cepat-cepat menikah dan membina rumah tangga, sedangkan sebagian lagi malah sudah nyaman dengan kesendiriannya dan belum mau beranjak ke jenjang pernikahan karena berbagai alasan salah satunya ialah ketakutan, mulai dari yang masih single hingga yang sudah berpacaran.

Untuk yang penasaran kenapa orang-orang di sekeliling Sobat LibMagz merasakan takut akan pernikahan, yuk simak alasannya berikut ini!

 

Takut "Bukan yang Tepat"

Takut Bukan yang Tepat.jpeg

Pernikahan adalah komitmen seumur hidup. Pastinya tidak ada yang mau dong menikah untuk berpisah. Nah, berangkat dari pemikiran tersebut, banyak anak muda yang masih mempertimbangkan untuk menikah karena masih takut bahwa pasangannya bukanlah orang yang tepat karena takut nantinya akan bertemu dengan "yang lebih tepat". Sedangkan, kalau sudah menikah, tidak ada yang namanya jalan "putar balik".

 

Takut Tidak Bisa Have Fun 

Takut Tidak Bisa Have Fun.jpg

Anak muda selalu identik dengan hura-hura dan menghabiskan sebagian besar waktunya di luar. Dengan menikah, banyak yang merasa takut tidak bisa have fun dan bebas lagi dengan teman-temannya. Mulai dari dekat dengan banyak lawan jenis hingga pulang malam sekalipun.

 

Takut Belum Puas dengan Diri Sendiri

Takut Belum Puas dengan Diri Sendiri.jpeg

Bagi seluruh anak muda, wajib hukumnya untuk "puas dengan diri sendiri" terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Banyak yang merasa takut belum puas dengan diri sendiri yang akan memicunya untuk "nakal" di tengah hubungan rumah tanggannya nanti, mulai dari mencoba menarik perhatian lawan jenis atau berbuat sesuka hatinya.

 

Takut Pasangan yang Belum Puas dengan Dirinya Sendiri

Takut Pasangan Belum Puas dengan Dirinya Sendiri.jpeg

Bukan hanya takut dirinya sendiri masih ingin have fun, karena kekhawatirannya itu, banyak juga yang takut bahwa pasangannya masih belum puas dengan dirinya sendiri yang mungkin nanti akan memicunya pada perselingkuhan.

 

Takut Karena Belum Mapan

Takut Belum Mapan.jpeg

Ini dia masalah yang paling sering terjadi pada anak muda yang sudah memiliki pasangan namun belum ingin menikah dalam waktu dekat: takut karena belum mapan. Mulai dari belum mempunyai tempat tinggal, kendaraan, dan yang terbesar, "takut belum dianggap cukup oleh mertua". Tidak heran, untuk mereka yang masih mengejar karir, malah lebih memilih asyik  dengan alasan untuk "mengumpulkan tabungan".

 

Takut akan Konsep Sehidup Semati

Takut akan Konsep Sehidup Semati.jpeg

Konsep akan hidup bersama dengan seseorang untuk sehidup dan semati merupakan sebuah konsep yang cukup menakutkan bagi sebagian orang. "Gimana nanti kalau bosan?", "Gimana nanti kalau dia berubah?", "Gimana nanti kalau sudah tidak cinta lagi?" dan berbagai pertanyaan lain pada dirinya sendiri .

 

Takut Untuk Punya Anak

Takut Untuk Punya Anak.jpg

Pernikahan tidak pernah lepas dari yang namanya keturunan. Bukan hal yang tidak mungkin, sesaat setelah menikah Sobat LibMagz langsung diberi keturunan. Bagi sebagian orang, mempunyai keturunan dalam usia muda merupakan hal yang menakutkan, takut belum cukup baik, takut menjadi orang yang hanya mengurus bayi, takut tidak bisa bebas lagi, takut belum punya uang yang cukup untuk sekolah anaknya, dan berbagai ketakutan yang lainnya.

 

Takut Kedua Keluarga Susah Bersatu

Takut Kedua Keluarga Susah Bersatu.jpeg

Pernikahan sejatinya bukan hanya untuk menyatukan dua pribadi yang berbeda, namun juga menyatukan kedua belah pihak keluarga. Dan, sebagian anak muda merasa takut bahwa kedua keluarga tersebut nanti akan kurang merasa cocok satu sama lain.

 

Takut Bersaing

Takut Bersaing.jpg

Nah, yang satu ini sangat berlaku untuk pasangan yang sama-sama memiliki ambisi dalam karir. Bukan bermaksud untuk melangkahi karir pasangannya, namun, dengan pernikahan, justru mereka takut pernikahan ini malah membuat salah satu merasa minder karena persaingan pekerjaan. Terlebih lagi untuk pasangan yang sama-sama ambisius.

 

Takut Didominasi

Takut Didominasi.jpg

Ini hal yang paling penting untuk para wanita, terutama untuk wanita yang mandiri. Mereka yang sudah nyaman dengan hidupnya sendiri, karena pernikahan, mereka takut akan dominasi pria. Mulai dari dilarang-larang, dibatasi jam kerjanya bahkan berbagai hal lainnya. Bagi perempuan mandiri, dominasi pria dalam pernikahan merupakan suatu ketakutan tersendiri yang membuatnya ragu untuk memulai berumah tangga.

 

Apakah Sobat LibMagz termasuk? hehee

Semoga bermanfaat. ^_^

 

Sumber: shopback.co.id

Gambar: pexels.com

 

(ck/Libz)

#Takut Menikah #Ketakutan Pernikahan #Pernikahan Anak Muda #Menikah Muda
3 years ago, by coki
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :