Kabayan Mummy Burial Cave Salah Satu Situs Arkeologi Budaya Filipina yang Mengerikan

By : ayp - LibMagz, 2016-12-14 20:04:35+07

kabayan mummiesLibMagz.com. Pernah mendengar "kabayan mummy burial cave"? jangan salah persepsi ya, karena ini bukanlah si kang kabayan yang menjadi menjadi mumi. :) Yups kali ini kita akan membahas mengenai salah satu situs budaya yang bisa jadi cukup horor untuk kita kunjungi.

Kabayan Mummy Burial cave merupakan salah satu situs budaya arkeologi nasional yang berada di negara Filipina. Berdasarkan keputusan presiden nya pada saat itu, situs arkeologi ini harus dilindungi dan dilestarikan untuk generasi masa depan sebagai manifestasi dari keterampilan dan kecerdikan terkait dengan keyakinan agama dari budaya dan tradisi Ibaloi.

kabayan-mummy-burial-cavesLalu seperti apa sih Kabayan Mummy Burial cave ini?, situs ini merupakan sebuah gua yang yang bernama gua kabayan (masih kepikiran kabayan lagi ya, hehe..) yang didalamnya terdapat mumi (mayat manusia yang di awetkan). Mumi didalam gua kabayan ini sering disebut mumi api atau fire mummies dikarenakan proses pengawetannya ini menggunakan api. Dalam nama lain mumi ini disebut kabayan mummies, benguet mummies, atau ibaloi mummies karena mumi yang ada di gua kabayan ini hasil dari tradisi orang-orang Ibaloi.


Suku Ibaloi adalah kelompok etnis pribumi yang ditemukan di Wilayah Kabayan, Propinsi Bengeuet, Filipina Utara yang telah ada sejak 1200 hingga 1500 sebelum masehi.

Suku Ibaloi mencuci dan menaruh jasad seseorang yang meninggal di atas api untuk dijadikan mumi. Proses tersebut cukup cepat, karena dilakukan ketika manusia yang mau dijadikan mumi baru saja meninggal. Hal itulah yang membuat cairan tubuhnya keluar. Setelah itu, asap tembakau ditiupkan ke dalam mulut untuk mengeringkan organ-organ tubuh.

fire mummiesOrang Ibaloi melakukan pengawetan ini agar mayat terus bisa dilihat sampai kapan pun. Semakin tinggi kasta orang Ibaloi yang meninggal, semakin lama pula proses pengawetannya sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam peti mati.

Pembuatan mumi oleh suku Ibaloi memakan waktu hingga berbulan-bulan. Setelah menjadi mumi, lalu mereka menaruhnya di dalam gua. Praktik pembuatan mumi ini terhenti tahun 1500, kala Spanyol menjajah Filipina.

Satu lagi sob, mumi-mumi ala suku Ibaloi ini sama dengan muminya orang-orang papua yaitu sama-sama di mumi kan dalam posisi duduk.

 

Sumber : unesco.org, travel.detik.com, filipiknow.net, tripfreakz.com

#Kabayan Mummy Burial Cave #kabayan #burial #cave #arkeologi #filipina
2 years ago, by ayp
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SENI BUDAYA, INVESTIGASI

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :