Jenis-jenis Jamur Tiram dan Manfaatnya bagi kesehatan

By : hans ang - LibMagz, 2017-01-31 15:33:35+07

Jamur Tiram Wallpaper 1.jpgPROGRESS, LibMagz.com- Tidak semua kalangan masyarakat mengenal Jamur Tiram, jamur yang menjadi populer sementak 3000 tahun lalu di mesir, makanan yang dikonsumsi khusus oleh kaum-kaum kerajaan terdahulu ini memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh manusia, memakan jamur tiram sama halnya kita menambahkan imunitas tubuh dan membunuh semua kemungkinan-kemungkinan bibit penyakit didalam tubuh, menyadari manfaat ini maka semakin banyak masyarakat dibelahan dunia mulai memproduksi Jamur Tiram dalam berbagai jenis makanan, ada yang mencampurnya didalam satu jenis makanan, ada yang mengolahnya menjadi seperti daging, bakso dan lain sebagainya.

Budidaya Jamur tiram pun semakain ramai dan beragam, karena selama ini masyarakat tertentu hanya mengetahui klasifikasi jamur tiram pleurotus, yang dikenal dengan jamur tiram putih. padahal ada banyak jenis jamur tiram yang manfaatnya sangat baik bagi tubuh manusia, seperti jamur tiram biru, jamur tiram coklat, jamur tiram merah atau pink dan jamur tiram abu-abu.

tidak semua orang mengetahui klasifikasinya yang sebenarnya penting bagi kita untuk memahaminya, terutama bagi mereka yang ingin membudidayakan jamur tiram, berikut beberapa klasifikasi jamur tiram yang dirangkum didalam artiikel ini:

1. Jamur tiram biru ( Pleurotus ostreatus columbinus). Warna tudungnya biru keunguan, tudung berukuran kecil dan tubuh buah besar dan kaku. diameter antara 4-6 cm.

2. Jamur tiram merah/ pink (Pleurotus flabellatus), dikenal dengan nama sakura karena tudungnya berwarna kemerahan. Diameter antara 5-12 cm.

3. Jamur tiram abu abu (Pleurotus Sajorcaju), dikenal dengan shimeji grey karena tudung berwarna abu kecoklatan sampai kuning kehitaman dengan diameter 6-14 cm.

4. Jamur tiram coklat (Pleurotus cystidiosus), dikenal dengan nama jamur abalon. Warna tudungnya keabu abuan sampai abu abu kecoklatan. Diameternya antara 5-12 cm.

5. Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus), dikenal juga dengan nama shimeji white (varietas florida). Warna tubuh buahnya putih sampai putih kekuningan dengan diameter tudung 3-14 cm.

Jamur Tiram lagi 1.jpgDari kesemuaan jenis jamur tiram yang lebih sering dibudidayakan ialah Pleurotus Ostreatus atau Jamur Tiram berwarna Putih karena jamur tiram jenis ini memiliki sifat adaptif yang tahan lama, sementara itu jamur jenis lain memang kurang populer dikalangan masyarakat. tetapi yang pasti manfaat baik pagi tubuh semua jenis jamu tiram memilikinya, berdasarkan informasi yang didapat jamur tiram sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, diantaranya seperti; mengendadilan kolestrol, meningkatkan imunitas tubuh, melawan radikal bebas, asupan gizi bagi ibu hamil, sumber protein alternatif hingga menghancurkan virus tumor. berikut beberapa manfaat Jamur Tiram bagi tubuh manusia:

1. Mengatasi Liver
Peran dan fungsi hati ialah penawar racun, ketika fungsinya menurun maka akan beresiko terkena penyakit liver, dan fungsi jamur tiram sebafai anti bacterial dan anti tumor layaknya sebagai penawar racun didalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi jamur tiram tiap hari tentu memiliki dampak yang baik bagi tubuh, seperti halnya ketika anda ingin menurunkan berat badan, dan jamur tiram sangatlah cocok sebagai makanan alternatif penurun berat badan. Karena Jamur tiram itu memiliki kandungan protein, kalori, kolesterol yang rendah, serta memiliki kandungan air mencapai 80 %, Jamur juga kaya akan serat sehingga dapat menurunkan berat badan.

3. Pencegah Kanker Payudara
Jamur Tiram bisa mencegah Kanker Payudara karena terdapat beta-glucan dan asam linoleat, beta-glucan berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria, sedangkan asam linoleat memiliki peran menekan timbulnya efek estrogen yang menyebabkan kanker payudara pada perempuan setelah menopause.

4. Melindungi Jantung dan menurunkan Tekanan Darah
Saat terkena sinar ultraviolet Zat Ergosterol pada jamur tiram akan berubah menjadi Vitamin D, peran Vitamin D sendiri untuk mengatur enzim kekebalan tubuh dan mengatur berbagai gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel didalam tubuh. Vitamin D inilah yang membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.

5. Asupan Nutrisi Ibu Hamil
Jamur Tiram diyakini lebih mudah memberikan asupan gizi bagi Ibu Hamil, karena ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi maka alangkah lebih baiknya mengkonsumsi jamur tiram, konsumsi ini alangkah baiknya dilakukan setiap hari selama tumbuh kembang Janin.

6. Melawan Radikal Bebas
Jamur Tiram mengandung senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk melawan radikal bebas. Senyawa yang cukup penting dan dibutuhkan oleh tubuh yakni riboflamin, niacin dan selenium. Sementara itu Antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.

7. Sebagai Protein Alternatif
Jamur tiram juga mengandung asam amino yang lengkap dan karena itulah protein pada jamur tiram kering dapat mencapai 10.5 – 30.4 %, ini sangat tinggi dari beras yang hanya 7.3 %, gandung 13.2% dan protein 25.2 % lebih tinggi dari pada protein susu sapi.

8. Meningkatkan Imunitas
Pakar kesehatan telah membuktikan bahwa manfaat jamur tiram dapat meningkatkan Imunitas tubuh, kandungan Vitamin C didalam jamur tiram berperan penting meningkatkan sistem imunitas tubuh, selain itu juga mengandung magnesium yang baik bagi tubuh. Dikarenakan kaya akan kandungan-kandungan tersebut, maka ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi jamur tiram secara teratur agar daya tahan tubuh terjaga.

9. Mengendalikan Kolestrol
Sebenarnya nilai gizi Jamur tiram setara dengan daging, yang membedakannya hanyalah kandungan kolestrol pada jamur tiram dan daging, untuk jamur tiram bisa dikatakan 0% untuk kolestrol yang terkandung didalamnya. Pada penelitian yang dilakukan oleh United States Drugs and Admiration membuktikan bahwa mengkonsumsi jamur tiram secara rutin dapat menurunkan kadar kolestrol jahat pada tubuh manusia.

10. Menghancurkan Virus Tumor
Tahukah anda dengan mengkonsumsi Jamur Tiram setiap hari akan menghancurkan virus tumor dalam tubuh manusia, seperti zat besi yang terdapat pada jamur tiram memiliki peran penting yang membantu pertumbuhan limfosit, senyawa ini berfungsi menghancurkan sel-sel tumor atau virus penyakit. Dan bagi laki-laki setidaknya mengkonsumsi 8 miligram zat besi setiap harinya sedangkan perempuan membutuhkan 18 miligram, satu cangkir jamur tiram memiliki presentasi 12 persen dari asupan sehari-hari untuk laki-laki, dan 6 persen untuk perempuan.


11. Anti Bakteri
Konsumsilah Jamur Tiram setiap hari, maka didalam tubuh anda aka nada aktifitas antibakteri yang signifikan, sebagaimana informasi dari studi pada tahun 1997 yang dikeluarkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, memaparkan bahwa senyawa benzaldehida aktif pada jamur tiram dapat mengurangi tingkat bakteri yang menyebabkan stress.

Sebenarnya ada banyak manfaat Jamur tiram, untuk itu sangat baik dikonsumsi setiap hari baik itu Jamur Tiram yang dimasak dan diolah sendiri ataupun jamur tiram yang sudah didalam bentuk kemasan tertentu.

(Berbagai Sumber)
(HK/7*)

#manfaat jamur tiram #makanan sehat #jamur tiram merah #jamur tiram putih #jamur tiram coklat #bakso jamur #daging jamur #jamur rasa pedas #jamur dan masakan #budidaya jamur #bebagai jenis jamur #manfaat jamur
3 years ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PERNIK, SOSIAL, EKONOMI, KESEHATAN, GAYA, KULINER

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :