Inilah Kenapa Pesawat-pesawat Komersil Tidak Terbang Diatas Tibet

By : ayp - LibMagz, 2017-01-07 06:51:03+07

LibMagz.com. Halo sobat libz, sudah tau dong kalo pesawat-pesawat komersil yang ada saat ini sudah memiliki dan berjalan di jalurnya sesuai rute nya masing-masing. pernah menyadari gk bahwa ada rute-rute tersebut yang tidak pernah dilewati oleh pesawat komersil meskipun jarak tempuh yang dihasilkan melalui rute yang tidak terlewati tersebut merupakan jarak yang paling singkat.
tibet-2.jpg

Gambar diatas adalah peta rute pesawat dalam satu tahun kalender dimana terdapat paling banyak populasi nya di daerah Asia. Sadarkah disana ada keganjilan? dimana titik-titik kuning adalah area yang paling sering dilewati oleh rute pesawat-pesawat komersil, dimana terdapat banyak sekali di daerah-daerah seperti Pakistan, India, Rusia, dan Timur Cina.

Tibetan Girl.jpgNamun ada daerah yang kosong dimana secara virtual tidak terdapat titik kuning yang menandakan rute pesawat komersil. Ya, itu adalah daerah Tibet, lalu kenapa tidak ada jalur ataupun rute yang melewati daerah Tibet meskipun jika kita tarik garis lurus merupaka rute yang paling cepat? berikut adalah penjelasan yang dapat diterima.

  • Ketinggian rata-rata di daerah tersebut adalah sekitar 16.000 kaki diatas permukaan laut. Dalam kasus ini pendaratan darurat sangat diperlukan jika terjadi sesuatu jika melintas di daerah tersebut dan jika pendaratan darurat berhasil (yang kemungkinannya tidak akan mungkin), kadar oksigen di ketinggian ini akan sangat kurang, dimana rata-rata manusia biasa bernafas di ketinggian kurang dari 12.000 kaki diatas permukaan laut.
  • Tidak ada bantuan radar di daerah tersebut.
  • Tidak adanya rute langsung melewati daerah tersebut meskipun beberapa penerbangan Rusia dan Cina melakukan penerbangan di atas daerah Tibet, namun jumlah penerbangan tersebut sangatlah rendah.

Untuk membuktikannya sobat LibMagz dapat mengunjungi peta rute penerbangan di tautan ini.

Alasan utama lainnya mengapa tidak ada pesawat yang langsung yang melalui daerah Tibet adalah rute polar dari Amerika Utara ke Asia tidak ada yang terbang langsung ke India karena diluar jangkauan/kemampuan kebanyakan pesawat. Selain itu, Eropa untuk wisata Asia Tenggara diarahkan melalui Dubai dikarenakan lebih murah dibandingkan melalui Tibet. Dengan demikian pengaturan dalam hal efektifitas biaya sangat penting menjadi salah satu alasan tidak adanya titik-titik kuning (rute pesawat) yang melalui daerah Tibet.

Apakah sobat LibMagz memiliki alasan lain yang mungkin mengakibatkan tidak adanya jalur langsung melalui daerah Tibet? silahkan berikan komentar dibawah.

#tibet #jalur pesawat #pegunungan tibet #rute pesawat tibet #tidak ada rute pesawat melalui tibet #cina #eropa #pesawat #ketinggian tibet #india #rusia #rute pesawat
2 years ago, by ayp
Category : BERITA PILIHAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, WISATA

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :