Inilah 10 Pekerjaan yang Kemungkinan akan Digantikan Oleh Robot

By : ayp - LibMagz, 2017-01-20 06:23:14+07
Automotive Machine Loading Robots
credit : robots.com

LibMagz.com, sobat pernah berfikir gak jika saat ini hampir semua pelayanan dan jasa yang ada dilakukan secara otomatis, tidak lagi menggunakan manusia sebagai pelayan atau yang melayani. Misal pelayan area parkir masuk, teller bank (pengambilan dan setoran uang), belaja, dan lain sebaginya.

Di perusahaan-perusahaan besar seperti pembuat kendaraan misalnya, kebanyakan sudah menggunakan tangan-tangan robot untuk melakukan perakitan kendaraan. Walaupun belum semuanya, namun kebanyakan sudah dilakukan dengan menggunakan tangan-tangan robot dari mulai perakitan, pengecatan, hingga pengujian detail.

Alasan perusahaan mungkin sederhananya adalah dapat mengurangi besarnya cost/biaya/anggaran dan mengurangi human error yang biasa terjadi jika dilakukan oleh manusia. Anggaran yang dikeluarkan jika menggunakan tenaga-tenaga manusia dalam jangka panjang memiliki tingkat pengeluaran yang cukup besar, dari mulai penggajian karyawan hingga ke tunjangan-tunjangan lainnya yang biasanya dibutuhkan oleh seorang karyawan.

robot.jpgcredit : techly

Hal lainnya dengan menggunakan tenaga mesin adalah perusahaan dapat melayani pelanggan didalam waktu yang tidak tertentu bahkan bisa memberikan pelayanan hingga 24 jam, seperti pengambilan uang yang kini lebih banyak dilakukan melalui ATM (Automated Teller Machine) kita tidak perlu lg repot-repot datang dan mengantri ke cabang bank tempat kita menyimpan uang, namun dapat dilakukan dan dilayani melalui mesin ATM.

Lalu apa sih pekerjaan-pekerjaan lainnya di masa depan yang dimungkinkan dilakukan secara otomatis? apakah di masa depan profesi kita semakin terancam? berikut rangkuman redaksi mengenai 10 pekerjaan yang mungkin dapat digantikan oleh robot.

  1. Penjamin dan Perwakilan Klaim Asuransi
    Efek dari otomatisasi didalam industri asuransi kini sudah mulai dirasakan. Di Jepang, Fokoku Mutual Life Insurance baru-baru ini mengganti sekitar 30 karyawan di bagian klain asuransi kesehatan dengan sistem berbasis AI (Artificial Intelligence) dari  IBM’s Watson Explore. Dilansir dari media Guardian. Software dapat "menganalisis dan menginterpretasikan semua data anda, termasuk teks tidak terstruktur, gambar, audio, dan video" lebih baik dan lebih cepat daripada yang dapat dilakukan oleh manusia, dan "mengurangi secara drastis" waktu yang dibutuhkan untuk menghitung pembayaran Fokoku Mutual, Menurut perusahaan tersebut.
  2. Teller Bank dan yang Mewakilinya
    atm.pngDiawali dengan penggunaan ATM (Automated Teller Machine) yang masuk kedalam pekerjaan manusia di bidang perbangkan, lalu komputer dengan koneksi internet untuk bertransaksi, hingga penggunaan smartphone yang semakin populer hingga saat ini dapat dilakukan untuk bertransaksi didalam melakukan pembayaran. Kemungkinan di masa depan pekerjaan-pekerjaan di dalam perbankan akan digantikan juga oleh AI (Artificial Intelligence). Dilansir dari CNBC. AI tidak hanya dapat melakukan transaksi tunai, AI juga dapat melakukan pembukaan rekening dan proses pinjaman, dimana sebagian waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk proses tersebut lebih sedikit dibandingkan menggunakan karyawan manusia. "ATM besok akan menggantikan teller," menurut Andy Mattes, CEO dari perusahaan perangkat lunak keuangan Diebold kepada orang-orang. "Hal ini dapat dilakukan sekitar 90% dari apa yang dapat manusia lakukan, dan itu akan menjadi sebuah cabang didalam kotak".
  3. Analis Keuangan
    Analisis keuangan sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan, analisis keuangan dapat dengan jeli melihat tren keuangan sebelum hal-hal lainnya terjadi, yang memungkinkan sebuah lembaga dapat menyesuaikan portofolio mereka dan berpotensi meraup keuntungan miliaran dolar. Namun para analisis keuangan manusa tidak bisa lagi bersaing dengan perangkat lunak analisis keuangan AI yang dapat dengan cerdas membaca dan mengenali tren dalam data historis untuk memprediksi pergerakan pasar di masa depan. Hal ini tidak mengherankan bahwa pekerjaan sebagai analisis keuangan bisa menjadi hal terburuk denganperkiraan 30% dari pekerjaan sektor perbankan digantikan oleh AI dalam lima sampai 10 tahun mendatang.
  4. Pekerja Konstruksi

    Para tenaga kerja manual juga kini terancam oleh otomatisasi. Tukang batu robot/tukang pemasang bata akan segera diperkenalkan ke ranah konstruksi yang memungkinkan mesin untuk menggantikan dua hingga tiga pekerja manusia, dilansir dari Tecnology Review. SAM (Semi-Automated Mason) dapat menyusun hingga 1.200 bata per hari, dibandingkan dengan manusia yang hanya dapat menyusun 300 hingga 500 bata. Masih beruntungnya disini beberapa pekerja manusia masih diperlukan untuk bekerja dengan SAM untuk menyelesaikan tugasnya dengan lebih bernuansa, penggunaan SAM mengurangi kebutuhan untuk tiga tukang penyusun bata. Hal lainnya di bidang pekerjaan konstruksi seperti operator Crane dan juga pengemudi bulldozer diharapkan dapat digantikan oleh mesin AI yang dapat dikendalikan didalam beberapa dekade berikutnya.
  5. Manager Inventori dan Stockists
    Dengan pengimplementasian AI di bidang inventory bukan hal yg tidak mungkin bahwa AI juga mampu melakukan pekerjaan di bidang inventory seperti mengolah persediaan di rak toko. Seperti robot yang dinamakan Tally ini dapat melakukan pengecekan di rak barang yang habis, kesalahan penempatan barang, dan kesalahan harga, Tally dapat melaprkan hasil temuannya tersebut kepada staff manusia.

    Robot seperti Tally ini memang tidaklah murah, diperkirakan akan menghabiskan anggaran puluhan hingga ribuan dolar di depan namun dapat menghemat ribuan hingga milyaran dolar dalam jangka waktu yang panjang.
  6. Petani
    Petani juga dapat digantikan oleh robot AI yang dapat melakukan hal apapun dibidangnya dari mulai memerah susu sapi hingga memanen selada. Sebuah peternakan sapi perah milik keluarga di Jerman ini adalah salah satu yang pertama yang mengimplementasikan robot AI yang dinamakan Voluntary Milking System yang memungkinkan sapi untuk berjalan ke mesin di waktu luang mereka ketika akan diperah, laporan dari Modern Farmer. dilansir dari Quartz lebih dari 1 juta buruh tani di Amerika Serikat melihat bahwa pekerjaan mereka dapat digantikan oleh mesin yang cerdas yang dapat melakukan segalanya dari mulai menyiangi kubis hingga memanen apel.
  7. Pengemudi Taksi
    Saat ini supir taksi tradisional sudah mulai terancam dengan keberadaan orang-orang dari perusahaan taksi online seperti Uber dan Lyft, pihak ketiga sudah mulai melihat bahwa pekerjaan sebagai pengemudi taxi akan tergantikan oleh kendaraan-kendaraan otonom yang menghantam jalanan. CEO Uber mengatakan, layanan akan menjadi jauh lebih murah dan keuntungannya jauh lebih besar jika anda tidak membayar untuk "orang lain didalam mobil." Dalam 10 tahun kedepan, kota di seluruh dunia akan memiliki armada taksi dengan pengemudi mandiri (self-driving). Uber melakukan pengujian kendaraan otonom tersebut dan Singapura adalah negara pertama yang sudah disiapkan untuk itu.
  8. Pekerja Pabrik (Manufaktur)
    Para politisi populis di seluruh dunia mengatakan bahwa akan mengembalikan pekerja manufaktur kembali ke Amerika Serikat namun hal tersebut tidak akan pernah terjadi. Bahkan Cina, negara dimana mayoritas pekerjaan manufaktur dunia ada, akan melihat tenaga kerja manufaktur manusia akan habis oleh robot dalam waktu dekat. Sebagai faktanya yang telah terjadi saat ini. Foxconn, produsen yang membuat koponen-komponen dari mulai iPhone hingga komponen Xbox baru-baru ini telah mengganti 60.000 pekerjanya dengan robot.
  9. Jurnalis
    Bahkan bagi seorang penulis ataupun jurnalis seperti kita ini aman dari serangan otomatisasi. Ternyata menulis bukanlah masalah bagi AI. Pada tahun 2014, Associated Press mulai menggunakann perangkat lunak cerdas untuk menulis laporan pendapatan kuartalan. Hingga 3000 laporan yang ditulis oleh AI setiap triwulan, dilansir dari media Verge, itu sepenuhnya memungkinkan bahwa konten-konten situs di masa depan bisa ada tanpa adanya penulis manusia sama sekali. :(
  10. Bintang Film

    Baru-baru ini, Hollywood telah menggunakan teknik CGI canggih yang memungkinkan bahkan aktor almarhum dapat dibangkitkan lagi (didalam film). contoh yang paling menonjol adalah Peter Cushing's Grand Moff yang menggunakan CGI untuk dibangkitkan didalam film Rogue One: a Start Wars Story. di tahun 2016 film yang sama, Carrie Fisher juga muncul sebagai Princes Leia berusia 21 tahun yang pernah ada pada film Star Wars pada tahun 1977. Ada kemungkinan bahwa jika dengan teknologi CGI akan memperkecil lagi pekerjaan untuk para bintang-bintang baru yang potensial di masa depan.

Lalu apa artinya bagi kita mengenai masa depan di dunia kerja? apakah dunia akan menjadi serba otomatis dimana pekerjaan akan sangat sulit ditemui? Burton-Cartledge mengatakan itu semua tergantung pada jenis kebijakan pemerintah untuk mengatasi masalah ini.

Jadi jangan terlalu pesimis ya sob, tetaplah kembangkan diri, dan berikan yang terbaik untuk pekerjaan anda.

#robot #otomatisasi #manusia robot #mesin #pengganti manusia #menghidupkan manusia #pekerjaan yang digantikan oleh robot #ibm #kecerdasan buatan #learning machine #uber #taksi online #taxi #manufaktur #pekerja pabrik #kuli
3 years ago, by ayp
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, SAINS DAN TEKNOLOGI

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :