Hasil Riset, Bulan lahir faktor penentu seseorang menjadi CEO

By : hans ang - LibMagz, 2017-05-19 13:20:41+00

PROGRESS, Libmagz.com- Banyak faktor yang menjadi penentu seseorang akan menjadi sukses, dan beberapa faktor penentu ini cukup dianggap rasional bagi sebagian kelompok masyarakat tertentu, ada yang meyakini bahwa hal keberhasilan yang mengiringi setiap manusia disebabkan oleh faktor nasib, garis tangan, atau garis keturunan. Bahkan ada yang berusaha mencari tahu melalui pencaharian spiritual layaknya ramalan-ralaman nasib tertentu, hanya untuk melihat dan berusaha mengubah nasib.

Terlepas benar atau tidaknya setiap budaya manusia yang mencari tahu nasib terutama untuk mencapai kesuksesan, semua dikembalikan kesetiap individu yang meyakininya. Terlepas dari semua itu, ternyata ada faktor kesuksesan seseorang berdasarkan data-data ilmiah, redaksi menemukan beberapa informasi mengenai kebenaran tersebut, yaitu faktor kemempinan sebuah perusahaan yang kerap di sebut CEO (Chief Executive Officer).

Foto berita LibMagz judul CEO dan bulan lahir.png

Beberapa informasi yang didapat menjelaskan bahwa berdasarkan penelitian ataupun riset ilmiah, yang dilakukan oleh Qianqian Du dari Shanghai Jio Tang University, Huasheng Gao dari Nanyang Technological University Singapore dan Maurice D. Levi dari University of British Colombia’s Sauder School of Business, didalam jurnal “Economic Latter” merilis hasil penelitian tentang hubungan bulan lahir dengan kesuksesan seseorang.

Dari hasil penelitian tersebut mereka berkesimpulan bahwa anak-anak yang lahir pada bulan Juni dan Juli kurang bisa tumbuh sebagai seorang CEO, sementara itu anak-anak yang lahir pada bulan Agustus cendrung menjadi “lebih tua” karena orang tua mereka menahan usia sekolah anak mereka. Untuk membuktikan itu semua para peneliti mengumpulkan tanggal kelahiran para petinggi perusahaan yaitu CEO tentunya yang perusahaannya masuk ke dalam S&P 500 Company antara tahun 1992 hingga 2009, ada 375 orang pemimpin yang dijadikan sampel.

Penelitian ini seolah-olah memberikan keabsurdan bahwa secara jelas dapat dipahami untuk menjadi seseorang yang sukses dan nomor satu didalam perusahaan, seolah menekankan faktor seperti pendidikan, pengalaman, ataupun keahlian tidak selalu menjadi faktor yang harus selalu diperhitungkan, ada faktor-faktor lain yang disebut keberuntungan sekaligus riset dan perhitungan sains, bahwa Bulan Kelahiran merupakan fenomena penentu dan menjadi salah satu dampak penting bagi seseorang untuk menjadi BOS.

“terdengar seperti absurd, dimana bulan anda lahir mempengaruhi kehidupan, seperti sampai kapan anda hidup, setinggi apa, sebaik apa disekolah, jadi apa kelak, pantaskan menjadi pemimpin. Namun itu bisa ditelisik lewat sains” Ujar Russel Foster, peneliti dari Oxford University.

Dilansir dari media, Time, Penulis buku Best Seller, Malcolm Gladwell, Outlier: The Story of Success menyampaikan hal yang sama, bahwa secara perhitungan sains ada suatu bulan dalam  1 tahun memungkinkan seseorang bisa menjadi bos atau justru gagal, perlu diketahui dalam sains ada namanya istilah ‘efek usia relatif’, ‘efek tanggal kelahiran’, ‘bias kelahiran bulan’ atau bahkan ‘bias musim pada kelahiran’. Secara umum, hal tersebut mengungkapkan bahwa anak-anak yang lahir sebelum tahun akademi dianggap kurang beruntung karena mereka nyaris 1 tahun lebih muda dibandingkan teman-teman dikelompoknya, sebagai hasil dari menjadi intelektual atau fisik yang kurang matang, secara teori, anak-anak tersebut cendrung kurang unggul disbanding teman-teman sebayanya.

Keadaan ini cendrung membuat mereka kurang mendapatkan perhatian dan masukan yang biasanya diberikan kepada anak-anak dengan prestasi lebih tinggi, dengan demikian mereka kurang dipilih memegang peranan pemimpin, seperti berbicara didepan kelompok atau menjadi kapten sebuah tim. Di Amerika Serikat bahkan sebagian Negara barat, tahun ajaran baru dimulai antara 1 September hingga 1 Januari, hal itu membuat anak-anak yang lahir dimusim panas akan membuat mereka paling muda di kelasnya.

Setelah menghitung trend kelahiran di Amerika Serikat, beberapa orang lahir di beberapa bulan lebih banyak dibanding lainnya, itu berarti dalam 2 bulan menghasilkan seperempat hingga sepertiga lebih sedikit CEO yang diharapkan dari distribusi pemimpin disetiap bulannya. Hal itu berarti, meski 8,16% kelahiran di AS terjadi pada bulan Juni tetapi hanya 6,13% yang menjadi CEO dibulan tersebut. Dan hanya 5,16% menjadi CEO yang lahir dibulan Juli, walaupun tingkat kelahiran mencapai 8,75% dibulan tersebut.

Lalu bulan apa yang lebih berpotensi ataupun mendapatkan porsi lebih menguntungkan, kelahiran antara 1 September hingga 31 Desember membuat mereka berkemungkinan sebagai yang tertua dalam kelas, jadi ada 5 peringkat bulan yang berpotensi atau memiliki porsi yang sangat mungkin bernasib menjadi seorang CEO, yaitu mereka yang lahir di bulan Januari 10,13%, Maret 12,53%, April 10,67%, Oktober 9,87% dan November 10,67%. Semua hasil penelitian ini ialah data statistik kembali kepada setiap orang untuk mempercayainya atau tidak.

(J. A. Saputra/*)

#Riset #Sains #CEO #Chief #Executive #Officer #Kesuksesan #Leader #Pemimpin #Ekonomi #Perusahaan #Bulan #Lahir
7 months ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PERNIK, SENI BUDAYA, SOSIAL, EKONOMI, PENDIDIKAN, GAYA, JURNAL

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :