Hari Perempuan Internasional

By : joykers - LibMagz, 2017-03-08 15:13:01+07

Joykers, LibMagz.com, Tahukah dan ingatkah kalian hari ini adalah hari apa??? Hari ini adalah Hari Perempuan Internasional 2017. hari perempuan Internasional (bahasa Inggris: International Women's Day) dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat. Demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia.Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Sebuah cerita yang beredar di lingkaran internal para kolomnis Perancis, bahwa ada seorang perempuan dari buruh pabrik tekstil melakukan demonstrasi pada 8 Maret 1857 di New York. Demonstrasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melawan penindasan dan gaji buruh yang rendah, tetapi demonstrasi tersebut dibubarkan secara paksa oleh pihak kepolisian. Pada tanggal 8 Maret 1907, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai peringatan terhadap kasus yang terjadi 50 tahun yang lalu.

Temma Kaplan berpendapat, "peristiwa tersebut tidak pernah terjadi, tetapi banyak orang Eropa yang percaya bahwa tanggal 8 Maret 1907 merupakan awal dari terbentuknya Hari Perempuan Internasional. Sumber : Wikipedia

Dalam Hari ini Cagub DKI Jakarta yaitu Bpk. Basuki tjahaja Purnama (Ahok) mengunggah beberapa foto istrinya yang bernama Veronica Tan. "Selamat Hari Perempuan Internasional, untuk perempuan Jakarta dan Indonesia. Khusus untuk Veronica, istri dan ibu dari anak-anak saya, salut atas kerja kerasnya," tulis Ahok melalui akun resmi facebook-nya sebagai keterangan atas foto-foto yang diunggah, Rabu (8/2/2017).

Istri Ahok

Ada beberapa foto Veronica yang diunggah oleh Ahok. Foto yang pertama menampilkan Veronica yang sedang tersenyum dengan memakai baju warna merah berbalut sal yang berwarna merah juga. dan foto selanjutnya yaitu veronica memakai baju berwarna hitam tengah bercengkerama dengan anak-anak kecil di sebuah PAUD. mereka tampak sedang bernyanyi dan satu orang guru memegang mikrofon dan veronica memeluk salah satu seorang anak yang tampak paling kecil.

istri ahok

"Dia perempuan bukan hanya pendamping, tapi partner yang sejajar bagi saya. Dia pekerja keras, yang mencurahkan begitu banyak waktunya untuk melatih ibu-ibu di Jakarta, terutama yang hidup di Rusunawa agar memiliki skill dari membatik, sampai menjadi wirausaha," tutur Ahok selanjutnya dalam keterangan foto-foto itu.

Hari Perempuan pada 8 Maret mulanya diperingati di Uni Sovyet pada tahun 1917. PBB kemudian menetapkan tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional pada tahun 1977. Sumber : detiknews

Selain Cagub Jakarta juga ada 4 perempuan Indonesia yang telah menuliskan sejarah, sangat diakui, dan sangat disegani oleh dunia internasional.

berikut Video 4 perempuan yang dimaksud tersebut :

#hariperempuaninternasional #ahok #jakarta #cagub #4perempuanindonesia #internasional
2 years ago, by joykers
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, SOSIAL

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :