Gagal Gianajal Kronis Pada Anak Bisa Membuatnya Memiliki Kecerdasan Kognitif Yang rendah

By : dhe27 - LibMagz, 2018-02-28 10:50:03+07

Gagal Gianajal Kronis Pada Anak.jpgSumber Gambar : u-ni037.blogspot.co.id

Kerry Chen dari Centre for Kidney Research University of Sydney di Australia dan timnya melakukan pemeriksaan pada kemampuan kognitif dan hasil akademis dari anak-anak serta remaja penderita GGK. Mereka melakukan analisis dengan mengambil data dari 34 studi yang mempelajari 3 ribu orang pasien GGK dengan usia di bawah 21 tahun.

Temuannya yang akan dipublikasikan pada Clinical Journal of The American Society of Nephrology (CJASN) itu menunjukkan kemungkinan bahwa anak serta remaja penderita GGK memiliki tingkat saraf kognitif dan hasil akademis yang rendah.

Riset ini mengindikasikan bahwa GGK tak hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik anak. GGK juga memberi dampak negatif pada saraf kognitif, performa dan hasil akademis si anak. Hal ini dapat membuat si anak mengalami kesulitan saat bertransisi menjadi dewasa.

Dari hasil analisis ditemukan bahwa rata-rata perbedaan IQ antara anak penderita GGK dengan anak yang tidak menderita GGK adalah -10,5.

Bagi penderita GGK tingkat ringan hingga menengah, perbedaan IQ mereka dengan anak-anak yang sehat adalah -9,39. Bagi pasien yang sedang menjalani proses transplantasi ginjal, perbedaannya adalah -11,2. Adapun bagi pasien yang sedang melakukan dialisis atau cuci darah, perbedaannya adalah -16,2.

Sumber : kumparan.com

#IQ. kecerdasan. cerdas. anak. penderita ginjal.
3 months ago, by dhe27
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :