Dikenal sebagai Kopi Mahal, Ini dia perbedaan kopi luwak asli dengan yang tidak

By : hans ang - LibMagz, 2017-09-25 14:37:02+00

IMG_4662.JPG

TANJABBAR, .com- Masyarakat dunia telah mengenal kopi luwak sejak lama, baik itu sejarah awalnya hingga manfaat mengkonsumsi kopi luak. Munculnya kopi luwak yang kini menjadi sebuah komoditi kopi yang digemari tentu tidak terlepas dari sejarah panjang kolonialisme, yaitu eropa, spanyol, Portugal, belanda dan inggris, terlebih kopi ini memiliki kekayaan manfaat bagi kesehatan, Senin (25/9/2017).

Selama kolonialisme berlangsung diabad 17 an banyak petani kopi yang hanya diperkerjakan tetapi sulit untuk merasakan nikmatnya minum kopi, dorongan ingin mengkonsumsi kopi inilah yang menyadarkan petani ataupun masyarakat mengetahui, bahwa musang mengkonsumsi buah kopi namun tidak bisa di cerna, merekapun mulai mengumpulkan biji kopi dari hasil kotoran musang, kemudian dibersihkan dan diolah menjadi kopi yang layak dikonsumsi.

Kini kopi musang tersebut lebih dikenal dengan kopi luwak, terutama di Indonesia. Dan sangat banyak penggemarnya, kita dapat memperoleh kopi luak di jual di pasaran, namun tidak semua kopi luwak yang beredar dipasaran patut dipercaya keasliannya, bahkan banyak orang yang belum mengetahui perbedaan kopi luak liar dan kopi luak ternak, dengan kopi luwak yang tidak asli.

Di Indonesia, Kopi Luwak ternak dapat di peroleh di berbagai daerah namun belum tentu itu kopi luwak liar. Berdasarkan sejarah kopi luak liar tentulah kopi luak asli, dan penghasil kopi luwak liar di Indonesia salah satunya ialah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, dengan jenis kopi liberika tetapi tidak banyak yang memproduksi dan menjual kopi luwak liar, karena kebanyakan masyarakat disana hanya dikonsumsi sendiri atau dijual dipasar lokal saja.

IMG_4660.JPG

Bagi anda pecinta kopi luwak, serta ingin merasakan manfaat dan sensasi nikmatnya kopi luak liar asli, anda dapat datang langsung ke Koperasi Pantai Pasir Putih dan UMKM Center di jalan panglima cama, tanjabbar atau menghubungi Via WA di Nomor 085320930589/085266145686. UMKM center ini menyediakan biji kopi hingga bubuk kopi luwak liar asli dari hasil petani kopi luwak langsung, salah satu petani kopi yang temui ialah Supardi, yang sudah bertahun-tahun menggeluti kopi luwak liar.

Dari pemaparan supardi (60), ada perbedaan yang harus diketahui masyarakat dalam memahami kopi luwak liar asli, kopi luak ternak dan kopi luwak yang hanya menampilkan merek mentereng. Supardi menganalogikan bahwa kopi luwak asli ialah kopi luwak liar yang tanpa di ternak, contohnya ialah musang dan tupai ketika memakan buah duren yang jatuh dari pohon, hewan-hewan seperti musang dan tupai  ini cendrung memakan buah duren yang terbaik saja, semenatara yang bukan malah tidak dikonsumsinya.


IMG_4647.JPG

“Perbedaan Kopi Luwak Liar dengan kopi luak yang diternak, kalau kopi luwak ternak makannnya tergantung kemauan si peternak, tapi kalau yang liar pasti mencari kopi yang manis atau yang bagus, contohnya seperti durian yang dimakan musang atau tupai, pasti yang lebih manis yang dimakan” ujar supardi menjelaskan, Senin (25/9/2017).

Ia menambahkan, bahwa musang memiliki penciuman yang baik sehingga mampu memiliki biji kopi terbaik untuk di konsumsi, dari hasil biji kopi luwak liar inilah yang sebenarnya kopi luak terbaik, petani memperoleh biji kopi luwak liar dengan cara memutiknya di bawah hamparan pohon-pohon kopi, untuk kemudian di cuci, lalu di sangrai (red-roasting) secara tradisional setelahnya diap untuk dijadikan biji kopi yang siap di seduh.


IMG_4677.JPG

(Lang/*)

#Kopiluak #kopiasli #luwakasli #luwakliar #kopitanjabbar #kopinusantara #koperasipantai #koperasipasirputih #kopitermahal #manfaatkopi #sejarahkopi
3 months ago, by hans ang
Category : BERITA PILIHAN, OPINI DAN ARTIKEL, PERNIK, EKONOMI, KULINER, WISATA

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :