Ciuman Saat Flu Tidak Akan Membuat Pasangan Tertular

By : coki - LibMagz, 2016-12-30 14:01:49+07

ciuman.jpgLibMagz.com - Banyak orang yang percaya, ciuman saat flu akan membuat pasangan Sobat LibMagz tertular. Tak heran jika saat terserang flu, banyak orang yang meminta pasangannya untuk menjauh. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu.

Berlawanan dengan apa yang dipercaya banyak orang, ciuman tidak akan menularkan flu. Kenapa? Karena flu tidak bisa ditularkan lewat ludah.

Dikutip dari Guardian, pada tahun 1984, beberapa peneliti saat itu mendapat tugas, harus mengamati 100 siswa berciuman. Hasilnya, mereka menyimpulkan, ciuman bibir tidak akan menyebarkan virus flu.

"Virus berpindah melalui lendir dari sistem pernapasan," jelas Profesor Ron Eccles, direktur dari COmmon Cold Center di Cardiff University. "Kecuali kamu batuk parah, atau ada lendir dari saluran pernapasan yang tercampur dengan ludah, virus flu tak akan tertularkan lewat ciuman."

Bukan hanya soal ciuman, flu juga sebenarnya tidak semudah itu ditularkan. Tentunya, kebanyakan orang dewasa mengalami flu dua sampai lima kali setahun, anak-anak bahkan bisa lebih sering lagi. Namun, para peneliti mengatakan, faktanya, flu tidak sebegitu mudahnya menular.

Untuk bisa tertular flu dari orang lain, penderita flu tadi harus bersih atau batuk persis di dekat Sobat LibMagz. Atau, Sobat LibMagz harus tanpa sengaja menghirup percikan lendir yang keluar dari tubuh penderita. Cara lainnya adalah, ketika Sobat LibMagz menyentuh permukaan yang sebelumnya sudah disentuh oleh penderita, setelah dia membersihkan hidungnya.

Salah satu alasan kenapa lebih banyak orang terserang flu di musim dingin/hujan: karena cuaca dingin membuat hidung kita dingin, dan jadi lebih sensitif terhadap virus-virus yang berterbangan.

Tapi setidaknya sekarang Sobat LibMagz tahu, flu tidak bisa menghalangi kemesraan Sobat LibMagz untuk ciuman dengan pasangan.

 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. ^_^

 

(ck/Libz)

#kesehatan #tips #penelitian #flu #ciuman #pasangan #ciuman saat flu tidak membuat pasangan tertular
2 years ago, by coki
Category : KESEHATAN

Artikel/Berita Terkait :

Kontak Informasi LibMagz.com

Redaksi : info[at]libmagz.com
Follow Us :